Pengalaman Sidang Skripsi – Khalid Al Fikri

Halloo guys.. salam hangat dari khalid yaa… pertama-tama khalid ucapkan selamat kepada teman-teman yang udah sidang dan berhasil dinyatakan lulus 🙂

Kali ini khalid mau berbagi pengalaman nih tentang bagaimana kesiapan khalid sehari sebelum sidang di mulai, seperti biasa awalnya mah pastinya agak gugup dan dag dig dug gitu.. maklum ini kan salah satu penentuan nasib dan masa depan khalid heheh

pada skripsi ini, Khalid dibimbing oleh 2 pembimbing yang hebat dan keren yaitu :

Pembimbing I  : Ary Budi Warsito, M.Kom
Pembimbing II : Sandro Alfeno, M.Kom

Dan pada saat sidang Khalid pun diuji oleh 3 peguji yang luar biasa hebat yaitu :

Ketua Penguji : Ir. Untung Rahardja, M.T.I.,M.M
Penguji I     : Endang Suryana, S.Sos.,M.M
Penguji II    : Hani Dewi Ariessanti, M.Kom

Untuk melihat poin – poin apa saja yang dibutuhkan pada saat sidang bisa dilihat disini

                              SKUP SIDANG                              

Awalnya sih agak galau gitu sewaktu mau sidang, khalid berpikir siapa yang yah yang menguji sidang khalid ntar.. apakah galak-galak atau pada bae nih heheh, kebetulan jadwal sidang khalid dapetnya hari ke dua yaitu selasa 03 oktober 2017 pukul 16.00 Wib. kata orang-orang nih yang khalid denger katanya sih asyik dapet jadwal sidang jam terakhir, ahh masa sih kata khalid, tetap aja khalid masih gugup karena yang namanya sidang ini khalid harus tetap tampil sebaik mungkin dan optimis menghadapi sidang khalid oleh 3 penguji, bayangkan guys khalid kudu di wawancarai oleh 3 penguji sekaligus sedangkan khalid cuma sendiri heheh waduh 😳

Jadi begini guys pada saat sehari sebelum sidang yaitu hari senin tanggal 02 oktober 2017 khalid pastinya nonton teman dulu tuh yang mau sidang sekitar jam 13.00 habis istirahat, sepintas khalid melihat ketiga penguji sepertinya sangat baik-baik dan mereka baru saja datang sudah melontarkan humor dan bercanda, sontak para penonton dan peserta sidang pun pada tertawa semua, tetapi pada pertengahan sidang teman khalid sungguh banyak melakukan kesalahan, dan ternyata teman khalid di tanya & di ceramahi terus menerus oleh ketiga penguji, sontak khalid yang ngeliatnya saja udah grogi dan dag dig dug melihat teman khalid, karena lihat teman yang lagi di sidang itu waktunya pun agak lama, dari situ khalid mikir yang awalnya manis belum tentu baik di akhirnya, kalau khalid dapat ketiga penguji yang kayak gini gimana yaa..😶

Baiklah kalau begitu khalid pun pulang dari kampus dan bulatkan tekad lagi untuk memahami dan mempelajari materi untuk sidang besok hari, pada saat malam hari khalid mengecek ulang kembali dan memastikan kalau project skripsinya benar-benar berjalan dengan semestinya dan sempat memikirkan apa saja yaa yang harus di bawa untuk esok hari sidang? Sontak khalid pun bertanya pada teman apa saja sih yang harus di bawa pada saat sidang… kata teman bawa saja berkas-berkas penting pendukung untuk projectnya, tidak usah membawa berkas yang lain, karena berkas-berkas seperti penilaian objektif kan sudah by sistem, oh iya yah kata khalid heheh, setelah mendengar kabar dari teman khalid agak sedikit lega karena tidak harus membawa banyak berkas untuk sidang besok, tapi ujung-ujungnya khalid berpikir bawa aja deh besok semua berkasnya heheh untuk jaga-jaga jika ditanya yang aslinya saat di sidang oleh penguji heheh

Malam semakin larut aja nih, sekitar jam 10 malem masih aja kepikiran buat besok sidang, kira-kira apa yaa.. hayoo tebak 😀 ohh iyaa khalid belom beli sarapan buat besok paginya, kan kata pepatah sarapan itu penting loh untuk pertumbuhan dan memperkuat ingatan semalam heheh udah kaya kak seto ajah 😀 jadinya khalid pun lebih memilih beli roti aja di Indomaret 2 pack ukuran besar, karena khalid kan untuk sarapan pagi dan makan siang, kira-kira rotinya seperti ini nih heheh

Oke setelah belajar semalaman khalid pun tidur sekitar jam 12an malam, oh iyaa tidak lupa juga sebelum tidur khalid pun sholat malam dan berdoa dulu pada Tuhan semoga sidang besok dilancarkan Aamiin, lalu khalid pun tidur dan bangun sekitar jam 5 pagi dan melaksanakan sholat subuh dan berdoa kembali kepada Tuhan agar memohon kelancarannya sidang hari ini tanggal 03 Oktober 2017 pada pukul 16.00 WIB, khalid pun kembali mempelajari materi sidang sampai jam 08.00 pagi, sudah pagi nih dan matahari sudah menunjukan cahayanya, tidak lupa kalau khalid harus sarapan roti yang tadi di beli semalam, ehh tiba-tiba orang tuaku alias ibuku ngebuatin sayur soup, lantas aku wajib deh makan-makanan ibuku heheh gak boleh ketinggalan masakan orang tuaku mah hahah

sarapan yang ibuku kasih membuat khalid kembali bersemangat untuk meghadapi sidang ntar sore, sudah pagi sekitar jam 09 apakah khalid harus berangkat pagi atau siang.. lalu ibu khalid menyarankan untuk datang jam siang aja, karena sangat disayangkan jika menunggu lama-lama dikampus karena performa saat sidang akan menurun, alangkah baiknya kalau khalid tidur kembali selama dua jam supaya saat sidang sore hari akan sangat bersemangat, alhasil khalid tidur deh sebentar

khalid pun bangun jam 11 siang setelah itu mempersiapkan semuanya untuk berangkat ke kampus ku tercinta yaitu Green Campus Raharja, tidak lupa sebelum berangkat makan siang dahulu dengan roti yang dibeli semalam, dan ini akan memberi semangat baru untuk khalid berangkat ke kampus, sebelum berangkat tidak lupa untuk berdoa kembali kepada Tuhan saat jam dzuhur agar sidang khalid di lancarkan dan mendapatkan hasil yang memuaskan, setelah itu khalid pun berangkat ke kampus, setelah sampai kekampus pada jam satuan khalid pun menonton sidang teman terlebih dahulu, dan siapa kah pengujinya? yaitu Dear pak Ur :* heheh sontak khalid pun seru menonton teman yang sidang jika yang menyidangnya itu adalah pak Ur, sampailah tiba saatnya giliran khalid lah yang akan di sidangkan oleh dear pak Ur, berikut di link ini slide materi yang akan khalid sidangkan:

                           Slide Presentasi                            

lalu siapakah yang ada di samping kiri dan kanan pak Ur? wow yaitu bu Hani dan pak Endang yang menyidang khalid, waduh kebetulan sekali ini heheh lalu sidang khalid pun berlangsung dengan mempresantasikan skripsi yang telah khalid jelaskan pada video berikut ini:

setelah khalid presentasi selanjutnya adalah sesi tanya jawab oleh penguji, penguji pertama yang nanya adalah pak Ur, khalid sudah sampai mana kontribusi kamu? heheh khalid pun menjawab hanya soal waktu pak supaya apa yang khalid buat ini akan direalisasikan, lalu di lanjutkan oleh penguji 2 yaitu bu Hani: Khalid supaya apa yang akan kamu buat supaya ini bermanfaat dan apa yang akan kamu lakukan? yang saya lakukan adalah tetap berusaha bu agar tempat yang saya teliti akan memanfaatkan apa yang saya buat, dan siapa yang menyangka khalid di jelaskan oleh bu hani dengan panjang lebar tentang alur penelitian skripsi khalid dengan konsep yang bagus dan matang, lantas ini membuat khalid sangat sungguh bersemangat mendengar perkataan bu Hani dewi heheh dilanjutkan pertanyaan oleh penguji 3 yaitu pak endang yang tau betul tentang sejarah penelitian skripsi khalid dan beliau juga menjelaskan dengan panjang lebar soal penelitian khalid ini patut diapresiasikan oleh badan negara di tempat khalid penelitian. dan yang terakhir pesan yang sangat berharga dari pak Ur, kalau khalid harus terus berusaha agar apa yang khalid buat ini harus benar bermanfaat agar apa yang khalid buat tidak sia-sia, krena apa yang khalid buat ini sangat bagus dan telah mempersiapkannya dengan matang, lantas khalid pun menjawab siap pak terima kasih atas saran dan pencerahannya, sehabis itu sidang pun selesai dan di tutup, lalu khalid pun ingin berfoto-foto dengan para penguji yang hebat-hebat ini taraaa..

Akhir kata “Bersyukur” dan Alhamdulillah bisa diuji dengan ketiga penguji ini dengan sangat nyaman dan sidang pun selesai 🙂 berkat doa dan support keluarga, teman-teman dan orang-orang terdekat Khalid bisa melawati sidang ini dengan lancar dan hasilnya yang cukup memuaskan yaitu B..

Kesan dan Pesan dari sidang ini adalah

  • Kesan : Usaha yang telah Khalid lakukan selama skripsi ini hingga khalid lulus ternyata membuahkan hasil yang memuaskan dan sangatlah bersyukur 🙂
  • Pesan : Untuk Mahasiswa yang akan menghadapi sidang nanti, persiapkan semuanya dengan semaksimal mungkin yah, perhatikan terus apa-apa yang menjadi kewajiban dari kampus, harus patuhi semua, karena hal itu akan berkaitan sampai kalian skripsi nanti 🙂

Sekali lagi Khalid ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada 2 Pembimbing dan 3 Dewan Penguji dan semua orang – orang yang Khalid sayangi yang sudah menyemangati khalid hingga lulus skripsi ini .. 🙂

32 thoughts on “Pengalaman Sidang Skripsi – Khalid Al Fikri

  1. Usaha memang tidak akan menghianati hasil, selamat ya Lulus dengan grade B , selalu bersyukur dengan apa yang udah allah kasih buat kita 🙏

    Good job 👍🏻

Leave a Reply